468x60 Ads


Selasa, 15 November 2016

15 KEPULAUAN SERIBU YANG WAJIB ANDA KUNJUNGI


Kepulauan Seribu merupakan kawasan berupa gugusan pulau yang terletak di utara Teluk Jakarta. Wilayahnya sendiri berupa kabupaten administratif dari Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Tak sama dengan pesisir pantai utara kota metropolitan yang populer kumuh, pantai-pantai di pulau-pulau kecil yang tersebar di Kepulauan Seribu ini jauh lebih bersih serta jernih.Kepulauan Seribu mendapat julukan sebagai Maldiven van Java yang merujuk pada keindahan pulau-pulau tropis dengan posisi berdekatan layaknya di Maladewa. Pulau-pulau inilah yang kerap dijadikan tempat melarikan diri warga kota Jakarta di akhir pekan. Daerah ini punya ratusan pulau yang sebagian besar tak berpenghuni. Berikut 15 diantaranya yang harus Kamu Datangi.

1. Pulau Harapan


Pulau Harapan, sesuai dengan namanya bahwa pulau ini tak memberi andalan palsu untuk setiap tamu yang berkunjung. Di pesisir pantainya disediakan jembatan kayu yang dapat dipakai untuk bersantai sambil memandangi luasnya laut dan gugusan pulau kecil di kejauhan.
Menyelam ke dasar lautnya nampak tak sedikit terumbu karang yang tetap terjaga dengan baik. Tak sedikit penyelam yang kemudian betah berlama-lama memandangi indahnya alam bawah laut Pulau Harapan. Buat yang tak dapat menyelam lumayan berenang dan snorkeling di perairan dangkal telah lumayan untuk berjumpa dengan ikan kecil dan gugusan terumbu karang. Di darat pulau ini menjadi rumah bagi burung Elang Bondol yang sangat langka.



2. Papatheo Island


Destinasi terbaru yang akan memberi pengalaman traveling yang tak sama merupakan Pulau Papatheo atau Pulau Petondan Kecil. Dengan cara umum faktor yang ditawarkan di pulau ini sama dengan paket wisata di sebagian besar pulau di Kepulauan Seribu.
Tapi ada satu kegiatan yang tak dapat diperbuat di pulau lain yaitu model penyelaman wreck. Ini merupakan menyelam dengan spot bangkai kapal yang tenggelam. Hanya ada di pulau ini bangkai kapal kargo sepanjang 100 meter ditemukan di kedalaman 30 meter serta menjadi tempat menyelam yang luar biasa.



3. Pulau Untung Jawa



Pulau pertama yang dapat dikunjungi wisatawan merupakan Pulau Untung Jawa. Pulau berpenghuni ini termasuk salah satu tujuan dalam paket wisata ke Kepulauan Seribu yang terjangkau meriah pasalnya lokasinya berada tidak jauh dari Ancol. Lokasinya yang dekat inilah menjadi keunggulan Pulau Untung Jawa untuk menggaet wisatawan.
Masyarakat yang tinggal di Pulau Untung Jawa juga sangat ramah pada para pendatang. Tidak sedikit dari mereka yang kemudian membuka penginapan serta membikin paket – paket wisata yang dikelola langsung oleh penduduk setempat. Opsi kegiatan di pulau ini juga termasuk lengkap, ada bersepeda, main banana boat, jetsky, snorkeling sampai diving. Tidak ketinggalan di pulau ini juga terdapat penginapan terjangkau nan enjoy.



4. Pulau Kelor



Pulau Kelor masuk dalam jajaran pulau yang berdekatan dengan Pulau Bidadari serta juga Pulau Onrust. Pulau ini juga menyimpan bangunan bersejarah jadi sangat tepat untuk dijadikan tujuan wisata sejarah.
Salah satu bangunan yang paling populer di pulau yang tak terlalu besar ini merupakan Benteng Martelo yang dibuat oleh VOC. Benteng ini terbukti telah tak utuh dampak terjangan tsunami pada tahun 1883 dampak dari letusan gunung Krakatau. Pun demikian sisa-sisa benteng dari bata merah ini masih eksotis untuk diabadikan oleh kamera.



5. Pulau Sepa



Pulau Sepa dapat menjadi pilihan tujuan berlibur saat pulau-pulau populer semacam Bidadari, Semak Daun, sampai Pulau Tidung lagi ramai pengunjung. Pasalnya pulau ini tetap tak lebih tenar dibanding nama-nama pulau lainnya.
Pun demikian Pulau Sepa memperkenalkan pengalaman wisata pulau yang tak kalah luar biasa. Pulau ini tengah dikembangkan sebagai salah satu tujuan wisata bahari dimana di daratan pulaunya sudah dibuat berbagai cottege untuk penginapan. Di pulau ini traveler juga dapat meperbuat aneka kegiatan air dari berenang sampai menyelam alias sekedar menikmati angin sepoy-sepoy khas pesisir pantai.



6. Pulau Kotok


Pulau Kotok merupakan tujuan yang sempurna untuk meperbuat penyelaman alias pun snorkeling pasalnya taman bawah laut pulau ini tetap terjaga dengan baik. Faktor ini disebabkan belum adanya wahana semacam banana boat serta aneka permainan lain di kurang lebih pantai.
Menilik ke daratannya, Pulau Kotok ditumbuhi oleh vegetasi yang tetap asli. Wajar mengingat pulau ini merupakan pulau yang tak berpenghuni sehingga keasrian lingkungannya tetap sangat terjaga dengan baik. Dari cottege atas pohon yang terdapat, pengunjung dapat bersantai sambil menikmati keindahan pantai di kurang lebih pulau yang biru.



7. Pulau Bidadari


Pulau Bidadari merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu yang posisinya paling dekat dengan daratan mutlak ibukota Jakarta. Jarak kedua wilayah ini hanya kurang lebih 15 kilometer. Dari pulau ini traveler dapat menonton keindahan gedung-gedung bertingkat yang terkesan semacam miniatur.
Pulau Bidadari mempunyai sejarah panjang sejak zaman kerajaan, yang mana dikisahkan bahwa Pangeran Jayakarta memakai pulau ini sebagai tempat berlibur bersama para penghuni kerajaan. Jadilah pulau ini dinamakan Pulau Bidadari.


8. Pulau Tidung


Pulau Tidung merupakan satu diantara tak sedikit pulau yang paling difavoritkan oleh wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu. Rasanya tak lengkap jalan-jalan ke daerah ini tanpa singgah di pulau yang populer dengan jembatan cintanya ini. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau paling populer serta paling tak sedikit mendatangkan wisatawan.
Pulau ini terbagi menjadi dua yaitu Pulau Tidung Besar serta Pulau Tidung Kecil dimana keduanya dihubungkan oleh jembatan kayu sepanjang 800 meter. Tidak hanya menjadi alat penghubung antar pulau jembatan ini juga tak jarang dipakai sebagai lokasi uji nyali dengan tutorial melompat dari atas jembatan dengan tinggi 5-6 meter menuju ke laut.



9 Pulau Air


Pulau Air merupakan opsi yang sempurna untuk kemping. Pulau ini mempunyai kelebihan dibanding pulau-pulau tidak berpenghuni lain yaitu berupa pulau yang terbelah oleh air laut jadi menciptakan fenomena semacam sungai yang jernih.
Hanya saja untuk para traveler yang berminat kemping di Pulau Air tidak disarankan untuk menginap lebih dari dua hari lantaran di pulau ini tidak tersedia fasilitas MCK, warung makan alias pun sumur. Apabila berminat, traveler tetap wajib bersabar menantikan paket wisata ke pulau ini dibuka kembali karena mulai tanggal 3 Januari lalu, untuk sementara seluruh paket wisata menuju ke Pulau Air ditutup.



10. Pulau Pari


Pulau Pari masuk dalam jajaran pulau yang paling disukai pengunjung lantaran mempunyai pantai yang bersih serta terumbu karang yang indah. dari pulau ini nampak pula sunset yang begitu seksi. Apalagi pulau ini berada jauh di utara yang artinya nilai serta visibilitas air lautnya terus keren.
Pulau Pari merupakan tempat budidaya hutan mangrove sekaligus menjadi kawasan Pusat Penelitian Kelautan LIPI. Tutorial paling asyik menikmati pulau kecil ini merupakan bersepeda mengelilingi pulau sampai menyelami keindahan alam bawah lautnya.


11. Pulau Pramuka


Pulau Pramuka juga pantas dijadikan tempat berlibur. Salah satu dari sebelas pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu ini memperkenalkan tak hanya wisata laut saja tetapi juga edukasi lewat penangkaran penyu segi yang sangat langka. Yap, Pulau Pramuka mempunyai konservasi penyu sisik yang dapat dikunjungi wisatawan.
Layaknya pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, pulau ini juga asyik untuk dijadikan spot berenang serta snorkeling. Kelebihan berlibur di Pulau Pramuka yaitu traveler tak butuh merasa kesepian sebab pulau ini mempunyai penghuni bahkan ini merupakan ibukota kabupaten administratif Kepulauan Seribu.



12. Pulau Putri


Pulau Putri terbukti secantik baginda putri. Sama semacam pulau-pulau lain yang berdekatan, pulau ini juga memperkenalkan pemandangan indah alam bawah laut yang tergabung ke dalam Taman Nasional Laut Pulau Seribu. Tak butuh menyelam untuk menemukan terumbu karang cantik, lumayan bersnorkeling ria di perairan sertagkalnya telah dapat menemukan keindahan terumbu karang.
Pulau Putri juga menyediakan cottege untuk mengakomodasi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini. Tidak hanya itu tersedia fasilitas Sunset Cruise, kegiatan wisata naik kapal ke tengah laut untuk menyaksikan fenomena matahari terbenam yang sangat mempesona.



13. Pulau Ayer


Menyandang julukan sebagai Mutiara Kepulauan Seribu, Pulau Ayer terbukti mempunyai keindahan bak mutiara. Lokasinya mudah dijangkau sebab hanya berjarak 14 kilometer dari pesisir pantai Marina, Ancol. Inilah pulau dimana traveler bakal merasakan liburan bak di Maladewa lengkap dengan cottage atas laut yang indah.
Cottege-cottege yang dibuat di atas laut yang jernih ini mengusung design semacam rumah-rumah tradisional bergaya etnik Papua. Pulau ini punya sejarah panjang dimana presiden pertama Indonesia, bung Karno tak jarang memakai pulau ini sebagai tempat beristirahat. Di dalam pulau ini traveler juga bakal berjumpa dengan binatang biawak yang berkeliaran di kurang lebih pulau.


14. Pulau Onrust


Tidak jauh dari pulau Bidadari tersedia Pulau Onrust yang populer bakal sejarahnya. Pulau Onrust pada masa penjajahan Belanda tidak jarang dipakai sebagai tempat singgah kapal Kompeni sebelum berlabuh ke pelabuhan Sunda Kelapa. Tidak heran apabila di pulau ini tidak sedikit dijumpai bangunan kuno peninggalan Belanda.
Di dalam pulau ini tersedia satu bangunan yang tetap utuh yang kemudian dikegunaaankan sebagai Museum Pulau Onrust. Pulau ini sangat cocok untuk dijadikan sebagai tempat wisata sejarah, menonton-lihat bangunan peninggalan Belanda semacam benteng serta pelabuhan kuno.


15. Pulau Lancang


Nama Pulau Lancang terbukti belum seterkenal Pulau Pramuka alias bahkan Pulau Tidung, bakal namun pulau ini lumayan representatif untuk dipakai berlibur. Apalagi di pulau ini telah terdapat penginapan yang dapat dipakai bermalam oleh traveler tanpa wajib menggelar tenda.
Pulau Lancang merupakan satu dari sebelas pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu. Di dalam pulau ini terdapat beberapa opsi kegiatan seru yang berhubungan dengan laut. Beberapa diantaranya merupakan memancing, snorkeling serta juga menyelam. Semua fasilitas yang terdapat di Pulau Lancang jauh lebih terjangkau ketimbang paket wisata di pulau yang telah terkenal lho.




Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You