468x60 Ads


Rabu, 25 Januari 2017


Hal ini tidak luput dari perjuangan arek-arek Surabaya yang melawan penjajah dengan semangat yang berkobar. Maka dari itu, tidak ayal di Kota Surabaya tidak sedikit bangunan-bangunan bersejarah yang saat ini menjadi tempat wisata.

1. Monumen Jendral Soedirman


Monumen Jendral Sudirman terletak di jalan Yos Sudarso Surabaya. Monumen ini diperuntukkan untuk mengenang Jendral Sudirman dalam kegigihannya melawan para penjajah. Jendral Sudirman merupakan seorang pemimpin militer pada masa perang




2. Museum Mpu Tantular


Wisata sejarah selanjutnya merupakan Museum Mpu Tantular. Dalam museum ini tersedia beberapa koleksi barang peninggalan bersejarah khususnya dari kerajaan – kerajaan terdahulu. Tersedia tak lebih lebih 1.500 koleksi barang bersejarah dari beberapa kerajaan baik Hindu, Budha maupun Islam. Museum yang buka dari pagi sampai sore ini mematok tarif yang sangat terjangkau. Hanya dengan bayar tiket 4 ribu rupiah untuk orag dewasa serta 3 ribu untuk anak–anak, Kamu telah bisa menikmati suasana ala–ala jaman kerajaan dahulu.



3. Monumen Kapal Selam


Monumen kapal selam adalah suatu  tempat wisata yang didalamnya tersedia beberapa benda bersejarah, mulai dari kapal selam, tank, pesawat tempur serta tetap tak sedikit lagi. Benda–benda tersebut adalah benda bersejarah yang kini terbukti sengaja dipamerkan untuk kebutuhan edukasi. Dalam museum ini, kapal selam yang dipajang adalah kapal selam Angkatan Laut Armada RI tahap Timur, KRI Pasopati 410.




4. Jembatan Merah


Jembatan merah juga adalah salah satu tempat wisata bersejarah di Surabaya. Tempat ini dulunya adalah tempat para pedagang dari beberapa negara semacam Eropa, Cina serta Arab meperbuat transaksi jual beli serta tinggal. Jembatan merah dulunya dipakai sebagai jalur transportasi VOC. Tempat ini juga adalah tempat terjadinya pertempuran antara pemuda Surabaya dengan pasukan Brigjen Mallaby. Jembatan yang dulunya memakai psupaya kayu sebagai pembatas, saat ini telah memakai psupaya besi. Mesikipun demikian warna merah pada psupaya pembatas masih dipakai untuk mengenang pertumpahan darah yang telah terjadi dahulu.




5. Tugu Pahlawan


Salah satu bukti sejarah dari momen 10 November yaitu suatu  tugu yang diberi nama tugu pahlawan. Tugu ini dibuat guna mengenang momen yang memilukan tersebut. Momen 10 November sendiri adalah suatu  momen perlawanan arek–arek Suroboyo untuk mengusir penjajah dari Surabaya. Tugu bersejarah yang kini dijadikan tempat wisata ini sangat populer di Surabaya serta sekaligus menjadi warisan adat di kota Surabaya bahkan Indonesia.








Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You