468x60 Ads


Jumat, 13 Januari 2017

6 WISATA BUDAYA DI BALI (COCOK UNTUK LIBURAN ANDA)

Bicara soal wisata di Indonesia, para turis mancanegara bakal langsung ingat pada Bali. Meskipun Indonesia akhir-akhir ini mempunyai tak sedikit tujuan wisata yang sehingga idola baru, Bali tak sempat kehilangan pesonanya sebagai trade mark dari wisata Indonesia. Tak sedikit sekali selebriti dunia yang memutuskan berlibur di sini.


Tidak hanya panorama alam yang indah, Pulau Dewata juga memperkenalkan keindahan adat serta kesenian yang mengesankan. Ini membuktikan bahwa Bali merupakan paket lengkap untuk merasakan pariwisata kelas dunia. Berikut berbagai wisata adat yang wajib kamu coba apabila kamu berkunjung ke Bali.


1. Belanja sepuasnya di pasar seni




Jangan salah, shopping juga dapat sehingga wisata budaya, lho asalkan mampirnya ke pasar seni! Di sana kami dapat ngeliat langsung kegiatan jual-beli penduduk setempat dengan segala kebiasaan khas mereka. Di pasar seni pula kami juga dapat ngeliat beberapa produk seni buatan masyarakat Bali.

Salah satu pasar seni yang paling populer di Bali merupakan Pasar Seni Ubud yang terletak berseberangan sama Puri Saren. Di sini kalian dapat nemuin macem-macem kain sutra, baju-baju santai, tas, keranjang, alias topi aenjoy buatan tangan, patung, serta tipe kerajinan tangan lainnya.



2. Belajar membuat canang sari




Buat kalian yang sempat ke Bali, suka merhatiin nggak kalau di sana-sini ada sesaji dari daun janur yang berisi pisang, bunga-bungaan, serta sebagainya? Itu namanya canang sari! Sesaji ini dibangun setiap hari sebagai bentuk rasa syukur masyarakat Hindu Bali kepada Sang Hyang Widhi Wasa. Yap, masyarakat Hindu Bali populer dengan sikap nasib religiusnya, serta agama juga sehingga tahap nggak terpisahkan dari adat mereka.

Sekarang ini ada tak sedikit hotel serta tempat yang buka kelas tutorial membikin canang sari. Nggak ada salahnya kalian coba ikutan belajar bikin agar tahu lebih tak sedikit mengenai bahan-bahan, tutorial membikin, serta makna yang terkandung di dalemnya. Itung-itung kalian juga dapat mencontoh sikap mereka yang rutin bersyukur sama Tuhan.



3. Mengunjungi pura





Kalau kalian merhatiin pamflet, spanduk, alias iklan apa pun yang berhubungan sama Bali, biasanya bakalan ada foto pura terpampang di antara foto penari Bali serta serta pantai. Bali terbukti punya tak sedikit pura yang indah, sehingga jangan sampe kalian nggak mengunjungi berbagai di antaranya. Semuanya punya pesonanya masing-masing!

Ada Pura Tanah Lot, Pura di atas batu di tepi pantai yang populer dengan pemandangan indahnya pas sunset. Ada juga Tirta Empul, pura di daerah Ubud yang sehingga tempat ritual mandi untuk penyucian diri para penganut agama Hindu Bali, serta Ada juga Besakih, pura paling besar serta termegah di Bali yang terletak di kaki Gunung Agung.



4. Wisata ke desa-desa budaya




Terkagum-kagum sama patung penuh ukiran kompleks alias silau liat kerajinan perak asal Bali? Tentu penasaran, dong, sama tangan-tangan andal dan tempat asal semua karya seni itu? Agar dapat lihat langsung pembuatannya, mending kalian wisata ke desa-desa tempat tinggal para perajin, deh.

Perlu rekomendasi? Buat kalian yang pengin liat proses pembuatan sekaligus beli suvenir ukiran dapat main ke Desa Mas di Gianyar Barat. Tidak hanya itu, kurang lebih 10 km dari Denpasar ada Desa Celuk yang populer dengan kerajinan perak dan emasnya. Alias mau lihat kebudayaan Bali kuno yang tetap dilestarikan? Kalian dapat berangkat ke Desa Tenganan yang tetap ngejalanin kebudayaan Bali Aga. Tidak hanya itu, ada juga Desa Penglipuran yang punya arsitektur bangunan sama persis di seluruh areanya. Penduduk desa ini dulunya tak jarang bertugas untuk menghibur keluarga kerajaan Bali, lho, nggak heran kalau dinamai “Penglipuran” yang berarti “penghiburan”.



 5. Menonton upacara-upacara tradisional




Selain tarian, upacara tradisional juga nggak kalah luar biasanya untuk ditonton dengan cara langsung. Ada upacara yang selalu diadain tiap tahun, ada juga upacara yang diadain occasional atau nggak tentu.

Kalau beruntung, kalian bakalan dapat ngeliat langsung upacara Ngaben yang populer dengan segala kompleksitas serta makna spiritualnya yang dalem banget. Tidak hanya itu, ada juga upacara Hari Raya Galungan yang diadain setiap 6 bulan sekali. Yang jelas, setiap upacara di sana udah memang bikin tak sedikit turis jatuh hati!



6. Menyaksikan pertunjukan tarian tradisional





Ngomongin soal adat di sebuahtempat terbukti nggak dapat jauh-jauh dari tarian tradisionalnya. Tarian Bali udah populer ke seluruh dunia sebab gerakannya yang captivating serta magical. Tak sedikit turis asing yang rela berbondong-bondong ngumpul di tempat-tempat pagelaran tari demi ngeliat langsung keindahannya.

Penasaran? Kalau kalian lagi ke Ubud, dateng aja ke Pura Saren untuk nonton langsung tarian Barong alias Legong di sana. Kalau kalian lagi di Uluwatu, nonton pertunjukan Tari Kecak di atas bukit dilatarbelakangi sunset bakalan bikin kalian merinding kagum!






Sameera ChathurangaPosted By Sameera Chathuranga

Lorem ipsum dolor sit amet, consectetur adipisicing elit, sed do eiusmod tempor incididunt ut labore et dolore magna aliqua. Ut enim ad minim veniam, quis nostrud exercitation test link ullamco laboris nisi ut aliquip ex ea commodo consequat contact me

Thank You